Cari

Seberapa Penting Nama Domain di 2019?

Posted 11-02-2019 20:24  » Team Friendonesia
Foto Caption: Ilustrasi beli domain

Sebagai yang kita tahu domain di web / blog itu seperti nama akun di instagram / pinterest. Dibuat pertama kali dan akan dipakai dalam waktu lama (walaupun sekarang instagram sudah mudah ganti nama akun). Yang paling penting

Dilihat pertama kali oleh pembaca dan customer kamu

Urusan domain kadang kala jadi bahan bisnis unik, contohnya adalah membeli domain yang bernama nama pasangan capres-cawapres saat pengumuman nama pasangan dan dijual lagi kepada tim sukses pihak tersebut. 

Yang bikin gregetnya? Satu domainnya dijual dengan harga 1 miliar. 

Really makes you think.

Teman saya yang mempunyai blog travelling daerah Jawa mempunyai kisah unik juga ketika memulai menyewa hosting dan membeli domain. 

Nama-nama domain yang dia suka sudah “dicolong” sama blogger sebelumnya. Bayangkan perlu 30 menit untuk mencari nama domain yang catchy dan belum dipakai web lain. Nama domain berbahasa jawa seperti “Ngelencer” dan “Ngeluyur” sudah dipakai sama blogger sebelumnya. Kamu bisa bayangkan betapa sesaknya kompetisi di niche travelling. 

Tapi jika topiknya berbasis daerah akan lebih mudah bersaing di tengah-tengah blog tingkat atas.

Sama seperti google sekarang lebih memilih web berbasis daerah. Ketika di search dengan IP Indonesia, Domain .ID lebih dipilih untuk page 1.

Dan tentu saja, surgakulinerbandung.id lebih disukai google Indonesia daripada surgakulinerbandung.com, kecuali target pasar kamu bule-bule (btw kalau bule kenapa ga pakai keyword bahasa inggris sekalian????)

Mumpung sekarang domain .ID punya harga yang lebih murah dari domain .com. Kenapa ga coba dulu?

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah