Nekat Resign, Sekarang Berpenghasilan 12 Juta Dari Ngeblog

Posted 04-02-2019 13:45  » Team Friendonesia
Foto Caption: Ilustrasi Ngeblog (Kasamago.com)

Cerita ini dimulai dari seorang teman yang sudah berpenghasilan 12 juta per bulan, memberitahu saya akan keluar dari perusahaan 2 bulan lagi. 

Dia adalah salah satu karyawan yang bersinar di perusahaan, dan gaji dengan nilai tersebut bisa dicapai hanya dengan waktu 4 tahun. Ada kemungkinan dia mendapat tawaran dari perusahaan multi-nasional yang menawarkan gaji lebih tinggi.

Saat ngumpul bareng, saya ngobrol sebentar dan bertanya kepada dia.

“Abis keluar, nanti kerja dimana mas?”

Jawaban beliau membuat saya terkejut juga ragu,

“Ga mas, saya banting setir jadi blogger. Saya sudah mulai nge-blog setahun lalu”

Walau dia tidak memberitahu secara jelas seperti apa blognya, tapi hal ini bikin saya berpikir. 

Untuk mendapatkan 12 juta per bulan untuk seorang yang masih single seperti dia bukan hal yang biasa, mungkin hanya 10% orang Indonesia yang bisa sampai segitu. Sebuah hal yang sangat disayangkan.

Namun menurut beliau tidak begitu, ada banyak pilihan penghasilan dengan nge-blog.

Pertama, dari google adsense. 

Mari kita hitung berdasarkan Revenue Per Thousand Impression (RPM). Dengan rata-rata $5 (Rp 65.000) RPM dengan 1000 visitor per hari maka satu bulan bisa 2 juta per bulan. 

Belum lagi dari visitor ada yang mengklik iklannya (CPC iklan rata-rata adalah $0.04 atau $40 / 1000 klik). Dengan hitungan kasar, dia butuh 5000 visitor per harinya.

Kedua, dari affiliate marketing

Dengan niche blog, kita akan lebih mudah merekomendasikan suatu barang/jasa karena sudah dianggap authority (ahli) dibidang tersebut. Let say dengan affiliate marketing dia bisa jual 2 barang / 1000 visitor dengan komisi 50.000 / penjualan. Kalau dia tidak pasang google adsense, dia butuh 4000 visitor per harinya. 

Bayangkan jika dia gabungkan google adsense dan affiliate, maka cukup dengan nge-blog dia bisa kembali punya pendapatan sesuai dengan gaji dia dulu. 

Intinya dapatkan traffic real visitor yang banyak, lewat backlink atau organik (pencarian google).

Berhubungan dengan sumber traffic organik dari google, google telah mengubah sedikit algoritmanya untuk menempatkan website di top page 1 berdasarkan domain berbasis lokasi.

Dengan domain .id, blog anda akan lebih dipilih google untuk sampai ke top page 1.

Untuk yang baru akan memulai blog, sekarang kesempatan anda.

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI