Cari

Pernikahan Putri Jokowi Sederhana Untuk RI 1, Pas Untuk Jokowi

Posted 09-11-2017 14:33  » Team Friendonesia
Foto Caption: Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan Bobby Nasution (kedua kanan) dan ibundanya Hanifah Siregar (kanan) usai prosesi Midodaremi di kediamannya di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017) malam. Midodaremi tersebut merupakan salah satu prosesi jelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Serangkaian prosesi pernikahan putri Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan putra almarhum Erwin Nasution, Bobby Afif Nasution sudah dilaksanakan. Prosesi Siraman, pengajian dan Midodareni telah berlangsung semenjak Senin (6/11/2017).

Kesibukan hanya terlihat dari dalam Gedung Graha Saba Buana yang terletak di Jalan Letjend Suprapto, Kota Solo, Jawa Tengah. Persiapan dekorasi gedung masih terus dikebut guna dipakai acara akad nikah pada Rabu (8/11/2017) pagi.

Adalah Ranu Asmoro penanggungjawab dekorasi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Dia juga merupakan sosok dibalik apiknya dekorasi pernikahan Gibran dan Selvi dua tahun silam.

Kata dia, pernikahan kali ini sangat sederhana untuk sekelas Presiden Republik Indonesia. Hanya saja, jika melihat Jokowi sebagai ayah dari seorang putri yang akan dinikahkan, prosesi kali ini terbilang pas.

Jokowi Family

Busana Jokowi dan keluarga saat prosesi siraman (Jimboeng Photography/allseasons)

"Untuk RI 1 ini jauh sangat sederhana sekali. Tapi kalau untuk Pak Jokowi, ini pas buat beliau," ucapnya seraya terus meminta anak buahnya bekerja di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Selasa (7/11) malam.

Menurutnya, masih banyak warga Solo terutama para pengusaha yang berasal dari kota itu, menyelenggarakan acara jauh lebih besar dan lebih mewah. Namun, tidak untuk Jokowi.

"Saya dua kali ini dengan beliau dan memang maunya seperti ini. Sederhana, tidak neko-neko tetapi tetap bagus," kata dia.

Kesederhanaan Jokowi, juga diamini oleh Antok, kakak kandung Iriana Jokowi. Dia menjelaskan tidak banyak hal yang berbeda dengan pernikahan anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming.

Hanya saja, kali ini lebih repot sedikit karena Jokowi menjadi si empunya acara. Mengingat, dalam prosesi pernikahan Jawa, pihak mempelai wanita yang menjadi tuan rumah.

"Kalau kemarin itu, Mas Gibran namanya kukup. Kalau sekarang mantu, jadi memang lebih repot sedikit. Kalau seluruhan tidak banyak berbeda," kata dia.

Jika dibandingkan dengan pernikahan Jokowi dan Iriana waktu itu, Antok mengatakan pernikahan anak kedua Jokowi jauh lebih mewah. Jokowi kala itu, masih menjadi pengusaha muda yang mempersunting Iriana.

"Ah kalau dulu malah cuma seada-adanya. Ini jauh lebih mewah kalau dibanding pernikahan bapak ibunya," tukas pria berambut gondrong itu.

Kahiyang Ayu Sungkem Jokowi

Siraman Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Istimewa)

10 Jenis Bunga

Tidak banyak jenis bunga yang dihadirkan di dalam Gedung Graha Saba Buana, tempat acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Begitu juga dengan jumlah bunga yang disiapkan oleh Asmoro Decoration.

Ranu Asmoro, penanggungjawab dekorasi gedung mengatakan setidaknya hanya terdapat 10 jenis bunga yang disiapkan oleh pihaknya. Tidak ada filosofi khusus saat memilih bunga-bunga itu. Dia hanya menyesuaikan dengan konsep acara yang sudah dibuat.

"Enggak banyak kok, paling Casablanca, Mawar, Gardena, Melati, Sedap Malam sama beberapa lagi. Kami sesuaikan saja sama konsepnya," jelas dia.

Konsep dekorasi pernikahan Kahiyang dan Bobby kali ini juga disamakan dengan pernikahan Gibran dan Selvi dua tahun lalu.

"Mas Gibran yang bilang, "sudah samakan saja sama aku kemarin,". Jadi ya sudah dibuat sama. Hanya beberapa revisi sedikit saja," kata Ranu.

Jika menilik ke dalam gedung, hampir tidak terlihat perbedaan yang mencolok dengan dekorasi pernikahan Gibran dan Selvi pada 2015 lalu.

Gapura dengan konsep adat Jawa, serta penataan panggung dan gubukan makan, berada di tempat yang sama, yakni di sisi kanan dan kiri gedung.

Penataan bunga juga difokuskan hanya di pintu masuk dan panggung. Sementara di jalur tamu, hanya terlihat 10 vas bunga besar di sisi karpet.

Kesulitannya, hanya pada mengejar waktu dekorasi. Panitia menginginkan dekorasi harus selesai pada pukul 00.00WIB. Sedang mereka baru bisa 'loading' perlengakapan pada Senin (6/11) pagi.

"Kalau Mas Gibran dulu, panjang waktunya, kita bisa sedikit napas. Ini sudah tidak bisa lagi. Harus selesai malam ini juga," katanya.

Dikutip dari Tribun Medan
Tags
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah