Cari
 Dokter OL
 Diposting 16-10-2018 16:09

Tahu ngak Sih Negara Mana Paling Sehat di Dunia? Ini Dia Jawabannya

Foto Caption: Ilustrasi

Kesehatan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Selain ketersediaan fasilitas dan layanan, kesehatan bangsa juga ditentukan kebiasaan dan pola hidup masyarakatnya. Salah satunya adalah kebiasaan cuci tangan tiap kali memulai atau mengakhiri aktivitas, yang bisa mencegah masyarakat terjangkit penyakit infeksi.

"Kemajuan dan kemakmuran suatu bangsa bergantung pada kesehatan dan kemampuan fisik masyarakatnya," kata personal trainer dan fitness expert Samir Becic.

Berikut lima negara tersehat di dunia menurut Health Fitness Revolution, yang dibuat dengan merangkum data, kebiasaan, dan ketersediaan layanan kesehatan.

1. MONAKO

cuci tangan

Monako adalah salah satu negara yang kebanyakan masyarakatnya hidup makmur. Mereka tidak memiliki kesulitan dalam mengakses air bersih, fasilitas, dan layanan kesehatan. Selain lebuh mudah mengaplikasikan kebiasaan cuci tangan, kekayaan juga memungkinkan masyarakat Monako memilih hidangan yang sehat dan berkualitas. Hal lain yang ikut mendukung Monako menjadi negara tersehat adalah tingkat stres yang rendah. Hasilnya, masyarakat Monako tak mudah mengalami gangguan pencernaan, jantung, dan pembuluh darah.

2. JEPANG

Shasimi Jepang

Masyarakat Jepang terkenal dengan kedisiplinannya di semua bidang kehidupan, termasuk upaya pencegahan penyakit. Upaya preventif yang dilakukan Jepang meliputi cuci tangan, pola makan sehat, dan menjaga higienitas lingkungan sekitar. Bangsa Jepang memilih makan ikan daripada daging merah, mengkonsumsi lebih sedikit produk berbahan susu, butter, dan susu. Bangsa Jepang juga makan rumput laut yang kaya iodin, minum teh hijua, dan mengonsumsi banyak sayuran.

3. SINGAPURA

denda di singapura

Singapura punya sistem yang baik untuk menjaga lingkungan sekitarnya tetap bersih dan sehat. Aturan yang tegas memungkinkan higienitas warga Singapura saat ini menjadi yang terbaik di dunia. Warga Singapura sadar kesehatan adalah kekayaan yang harganya tidak ternilai, karena itu mereka selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya. Pemerintah Singapura juga selalu mempromosikan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat lewat pendidikan, peraturan, dan kegiatan sukarela.

4. SPANYOL

Budaya Siesta Spanyol

Bangsa Spanyol sukses menjadi salah satu negara tersehat dengan rutin melakukan upaya pencegahan. Selain cuci tangan, masyarakat Spanyol mengonsumsi beragam jenis makanan dalam porsi kecil. Budaya ini bermakna usaha masyarakat untuk mengontrol kebiasaan hidupnya menjadi lebih baik dan sehat. Spanyol juga menerapkan kebiasaan tidur siang selama dua jam yang disebut siesta. Kebiasaan ini menurunkan tingkat stres dan menjamin kecukupan waktu istirahat setiap hari.

5. YUNANI

Minyak Zaitun Yunani

Selain cuci tangan, Masyarakat Yunani hidup dengan pola makan sehat berbahan ikan dan minyak zaitun. Masyarakat Yunani juga aktif di olahraga air dan gemar mengadakan kompetisi dalam negeri. Gaya hidup aktif telah menjadi bagian dari masyarakat Yunani sejak zaman kuno.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah