Krisis Ekonomi & Harga Barang Naik 7 Kali Lipat di Filipina, Warga Bayar Makanan Pakai Cabai

Posted 20-09-2018 18:32  » Team Friendonesia
Foto Caption: Ilustrasi panen cabai

Filipina - Filipina saat ini sedang dilanda krisis perekonomian. Tebukti dari meningkatnya harga bahan-bahan pangan pokok, misalnya saja cabai.

Pada bulan Februari lalu, siling labuyo atau cabai keriting hanya dihargai sekitar PHP 150 per kilonya atau setara Rp 41 ribu.

Harga itu kemudian naik hampir 7 kali lipat menjadi PHP 1000 atau Rp 274 ribu sejak bulan lalu.

Banyak yang tidak percaya bahwa Filipina mengalami inflasi hingga 6,4 persen pada bulan lalu. Jadi mereka mencoba untuk menanggapi kabar mengejutkan ini dengan sebuah respon yang sedikit gila.

Dan malah membawanya menjadi satu bentuk lelucon yang beredar di media sosial.

Seperti pengguna Facebook bernama Mark Paulo. Dalam sebuah postingan, ia mencoba untuk menukar 15 kilo cabai dengan sebuah iPhone 6 Plus.

"Aku ingin menukar 15 kilo cabai milikku, untuk iPhone 6 Plus milikmu. Hahaha," tulisnya.

Tapi tidak sampai di situ saja, tren meme yang viral di internet ini pun berkembang menjadi sebuah tantangan video yang menceritakan betapa mahalnya harga cabai di Filipina. Tentunya, ini hanya bercanda.

Video ini pertama kali dibagikan oleh pengguna Facebook Navarro CK. Yang sekarang menjadi viral. Kini banyak orang yang mencoba caranya itu.

CK yang senang melakukan tipuan jahil ini dikenal dengan nama Em Guevara.

Dalam video tersebut, dapat diliha Guevara sedang berada di sebuah restoran cepat saji, KFC.

Usai melakukan pesanan, waktunya bagi Guevara untuk membayar. Dan saat pembayaran, dia mencoba memberi cabai yang berada dalam kantong plastik sebagai alat pembayaran.

Kasir yang menangani pesanannya terlihat bingung awalnya. Dia segera menyadari apa yang terjadi, lalu menghadap belakang sambil tertawa.

Video berdurasi 11 detik ini menarik perhatian netizen. Kini sudah mendapat lebih dari 2 juta penonton dan dibagikan sebanyak 61 ribu kali.

Menurut netizens, tindakan Guevara sangat luar biasa dan berani.

Banyak pengguna Facebook yang meninggalkan komentar. Seperti Kate Ermita, dia menandai temannya dan menuliskan,"Saya menantang Anda."

Jenny Ecleo menuliskan pada temannya, "Saya tidak tahu kamu bisa melakukan ini."

Pengguna Facebook lainnya, Rei Ya Leenn menulis: "Hahahah orang Filipina dan lelucon mereka."

Guevara rupanya juga melakukan ini di outlet Uniqlo lokal pada hari Minggu. Video itu sudah dilihat lebih dari 142.000 kali.

Dikutip dari Tribun Medan
MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI