Cari

Sempat Pucat Karena Didemo, Ratna Sarumpaet Terpaksa Kembali ke Jakarta

Posted 17-09-2018 13:41  » Team Friendonesia
Foto Caption: Ratusan Massa menolak kehadiran Ratna Sarumpaet di Batam

Batam - Kedatangan Ratna Sampuaet, salah satu tokoh Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sekitar pukul 13.30 WIB, Minggu (16/9/2018) mendapatkan penolakan dari sejumlah warga Batam.

Bahkan dari aksi ini, Ratna sempat tertahan di Bandara Hang Nadim selam 3 jam hingga akhirnya dirinya terpaksa terbang ke Jakarta sekitar pukul 16.30 WIB menggunakan maskapai Garuda.

Dalam keterangan di ruang tunggu Bandara Hang Nadim, Ratna Sarumpaetmengaku kecewa karena tidak bisa hadir dalam kegaitan konsolidasi GSI yang dilakukan di Batam.

Padahal kedatangannya di Batam tidak ada sangkut pautnya dengan isu pergantian Presiden serta kegiatan partai politik lainnya.

"Saya hanya ingin lakukan konsolidasi dengan GSI di Batam, tidak ada yang lain," tegas Ratna.

Ratna berpendapat, agenda dirinya ke Batam dalam rangka roadshow GSI keempat yang merupakan bentuk konsulidasi dengan sejumlah pengurus GSI yang ada di Batam.

Dia mengaku hal itu dilakukan tidak hanya ke Batam, selanjutnya kegiatan ini dilanjutkan ke beberapa daerah lainnya yang ada di seluruh Indonesia.

"Makanya saya heran, kenapa saya ditolak. Padahal saya tidak ada ngapa-ngapain, jujur saya jadi bingung dengan semua kejadian hari ini di Batam," jelasnya.

Menurut Ratna GSI tidak perlu ditakuti atau diisukan yang macam-macam, sebab GSI merupakan suatu gerakan yang bertujuan mengembalikan Pancasila ke dalam tubuh UUD 1945, sebab saat ini di Indonesia sudah tidak ada ladi idiologi pancasila.

"Jujur saya juga sangat kecewa dengan panitia GSI yang tiba-tiba mundur dan menghilang entah kemana, padahal hari ini pelaksanaan kegiatan konsolidasinya," ujarnya.

Sementara itu General Manager Umum Badan Usaha Bandara Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso membenarkan atas kepulangan Ratna Sarumpaet ke Jakarta sekitar pukul 16.30 WIB, Minggu (16/9/2018).

"Benar, Ratna Sarumpaet sudah balik ke Jakarta menggunakan maskapai Garuda 063 sekitar pukul 16.30 WIB, Minggu (16/9/2018) sore tadi," kata Suwarso.

Meski terjadi aksi demo terhadap penolakan Ratna Sarumpaet, Suwarso mengaku aktivitas bandara Hang Nadim tetap berjalan aman dan lancar.

"Tidak ada kendala, bahkan delaypun tidak ada. Berjalan normal lah seperti biasa meski ada aksi demo penolakan di depan pintu bandara Hang Nadim," ujar Suwarso.

Lebih jauh Suwarso menjelaskan, Ratna sendiri tiba di Bandara Hang Nadim sekitar pukul 13.30 WIB menggunakan maskapai Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 032.

Sebelumnya Ratna Sarumpaet Pucat, Didemo di Bandara Batam! Massa Menolak, Minta setiap Pengemudi Buka Kaca

Massa terus berdatangan menuju Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, menolak kedatangan aktivis Ratna Sarumpaet, Minggu (16/9/2018).  

Sekitar pukul 13.00 WIB, massa sudah hampir memenuhi jalan pintu hingga menuju bandara tersebut.

Korlap dari masa yang tergabung dari Masyarakat Kepri, Edo Andriat meminta Ratna Sarumpaet untuk tidak menginjakkan kaki ke Batam.  

Hal itu ia sampaikan, sebab Kota Batam yang aman ini jangan di provokasi dengan kedatangan Ratna Sarumpaet.

"Kami minta Ratna pulang, Jangan rusak kondusifitas Kota Batam," ujarnya kepada Tribun Batam.

Ia yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Kepemimpinan Mahasiswa Kepri menyebutkan, masa aksi penolakan ini pun terdiri dari sejumlah aliansi, OKP, dan mahasiswa.

 "Kami ini sepakat bahwa, jangan ada pihak luar Batam untuk upaya pemecah belah masyarakat Batam yang aman ini," sebutnya.

Sampai berita ini ditulis, aktivitas masa penolakan Ratna Sarumpaet di pintu gerbang keluar bandara masih berlangsung.

Setiap pengendara mobil yang melintas pun diminta untuk dibuka kacanya untuk memastikan Ratna Sarumpaet tidak masuk ke Batam

"Tolak Ratna Sarumpaet di Batam, Batam Aman. Jangan diprovokasi," teriak salah satu masa, Minggu (16/09/2018).

"Tolong bapak-bapak dan ibu-ibu. Kaca mobilnya di buka ya, kita mau memastikan Ratna Sarumpaet tidak datang," sebutnya sambil meminta pengendara mobil membuka kaca.

Sementara Ratna Sarumpaet, terlihat dikawal saat masuk ke dalam lift.

Wajahnya tampak pucat, saat masuk ke dalam lift.

Ratna pun berdiri dibagian pojok lift belakang sebelah kiri. 

Ratna Sarumpaet tiba di Bandara Hang Nadim Batam menggunakan pesawat Sriwijaya Air  dengan nomor penerbangan SJ 032 pukul 13.30 WIB.

Dari pantauan Tribun di Bandara, Pesawat Sriwijaya Air SJ 032 semula dijadwalkan tiba di Batam pukul 11.20 WIB, namun ternyata baru landing pukul 13.30 WIB.

Ratna Sarumpaet tiba di Batam menggunakan pakaian kemeja putih, celana jeans biru dan jilbab abu-abu.

Setelah tiba di terminal kedatangan, Ratna Sarumpaet sempat menggunakan eskalator sampai di lanti satu.

Karena situasi cukup memanas, Ratna langsung diajak oleh petugas untuk menuju lantai dua menggunakan lift.

Massa dengan berjalan kaki tiba di depan gerbang memasuki kawasan Bandara Hang Nadim.

Dengan membawa kertas yang bertuliksan penolakan Ratna Sarumpaet dan dianggap sebagai provokator serta mengusik keamanan dan kedamaian di Bumi Melayu.

Aksi massa ini pun terlihat berlangsung di pìnggir jalan keluar dari Bandara Hang Hang Nadim tepatnya di gerbang masuk.  

Ratna Sarumpaet akhirnya kembali pulang ke Jakarta, menumpang pesawat Garuda Indonesia GA063.

Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso membenarkan informasi bahwa Ratna Sarumpaet kembali ke Jakarta.

"Benar beliau (Ratna Sarumpaet) sudah kembali ke Jakarta dengan Pesawat Garuda Indonesia GA063. Take Off 15.30 WIB tadi," ujarnya.

Suwarso kembali menegaskan, berkat kerja sama dengan petugas keamanan sehingga berhasil menjaga ketertiban Bandara Hang Nadim.

Ratna Sarumpaet saat baru tiba di Bandara Hang Nadim, Batam Kepulauan Riau, Minggu (16/9/2018) (Tribun Batam)
"Koordinasi dengan pihak-pihak keamanan terkait, sehingga keamanan bandara tetap terjaga," ungkapnya.

Pengamatan TRIBUNBATAM.id, di pintu keberangkatan Bandar Udara Hang Nadim, situasi keberangkatan penumpang tetap berjalan aman dan tampak seperti biasanya.

Pada Layar pengumuman di pintu keberangkatan, tertera bahwa pintu pesawat GA 063 sudah tertutup.

Sementara, massa yang berada di depan gerbang Bandara Hang Nadim senang dan langsung meninggalkan lokasi.

"Mantap, ternyata aksi kita berhasil memulangkannya dan tidak sempat menginjakkan kakinya di Kota Batam," kata sejumlah massa, Minggu (16/9/2018).

Pernyataan Ratna Sarumpet sudah pulang ke Jakarta disampaikan langsung oleh Ketua Gagak Hitam, Udin Pelor di hadapan seluruh massa yang berada di Gapura Bandara Hang Nadim.

"Iya benar Ratna Sarumpet telah kembali ke jakarta dan tadi dari informasi pihak kepolisian Ratna sekitar pukul 15.30 WIB sudah berangkat," kata Udin kepada sejumlah wartawan di lokasi.

Udin pun mengakui,sudah menyuruh massa untuk segera pulang dan tidak menggelar aksi penolakan lagi. Sebab Ratna sarumpet sudah bertolak ke jakarta.

 "Kita sudah suruh pulang semua massa, dan sampai saat ini tidak ada sweeping dan persekusi yang dilakukan massa. Hanya sekedar orasi penolakan saja," katanya. 

Pernah juga Dialami Neno Warisman

Sebelumnya tokoh deklarasi 2019GantiPresiden, Neno Warisman juga pernah didemo massa saat di Bandara Hang Nadim, Batam Kepulauan Riau (Kepri).

Pada Minggu (29/7/2018) acara deklarasi terpaksa dibubarkan bersama polisi. Sebelumnya acara tersebut juga tidak mendapat izin dari kepolisian.

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah