Cari

Profil Erick Thohir: Ketua Timses Kampanye Jokowi

Posted 07-09-2018 18:11  » Team Friendonesia
Foto Caption: Erick Thohir di Rumah Cemara. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)

Sperti dilansi Wikipedia, Erick Thohir adalah seorang pengusaha asal Indonesia dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast) yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing)yakni Harian Republika,Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Ia mengakuisi klub sepakbola Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milano) pada November 2013.

Erick Thohir dipercaya sebagai presiden klub ke 21 dalam 106 tahun sejarah klub tersebut. Bersamaan dengan itu, ia juga memiliki klub sepakbola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Ketua Indonesia Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir ditunjuk oleh pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk mengisi posisi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN). 

Nama Erick itu diumumkan langsung oleh Jokowi di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9).

"Ketua Tim Kampanye Nasional adalah bapak Erick Thohir.  " kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, setiap hal yang dipimpin oleh Erick selalu mendapat kesuksesan, seperti dalam Asian Games 2018.

Erick hadir dalam pengumuman Ketua Tim Kampanye Nasional itu. Selain Erick, KH Ma'ruf Amin, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Seskab Pramono Anung juga hadir di Posko Cemara.

Tampak juga sejumlah Sekjen partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf, diantaranya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Sekjen PPP Arsul Sani.

Selain mengumumkan nama Erick Thohir sebagai Ketua TKN, Jokowi juga mengumumkan Jusuf Kalla sebagai ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional.

Erick Thohir nantinya akan berkoordinasi dengan anggota TKN. Struktur TKN terdiri juga memiliki Dewan Penasehat, Dewan Pengarah, dan juga juru bicara.Sebelum dideklarasikan, sejumlah nama dari kalangan tokoh muda di luar partai politik mencuat di bursa pemilihan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin.

Beberapa nama turut mencuat ke publik menjadi ketua tim itu di antaranya adalah Najwa Shihab, Nadiem Makarim dan Whisnutama. 

Mereka dinilai bisa menjadi jalan bagi Jokowi-Ma'ruf untuk menggaet kaum milenial dan kelas menengah dalam Pilpres 2019.

Berikut susunan lengkap struktur tim kampanye Jokowi-Ma'ruf. 

Dewan Penasehat: Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy, Ketua Umum Hanura Osman Sapta Odang, Ketua Umum Perindo Hary Tanoe Soedibyo, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono dan Ketua Umum PSI Grace Natalie. 

Dewan Pengarah: Jusuf Kalla, Try Sutrisno, Puan Maharani, Pramono Anung Wibowo, Sri Mulyani, Agung Laksnono, Akbar Tanjung, Dimyati Rais, Siswono Yudho Husodo, Suharso Monoarfa, Sidarto Danusubroto, dan Laksamana TNI (Purn) Marsetyo.

Ketua Tim Kampanye: Erick Thohir

Wakil Ketua Tim Kampanye: Jenderal (Purn) Moeldoko, Lodewijk Freidrich Paulus, Abdul Kadir Karding, Jhonny G Plate, Arsul Sani, Herry Lontung Siregar, Hajrianto Y Thohari, dan Eriko Sutarduga. 

Sekretaris Tim Kampanye: Hasto Kristiyanto 

Wakil Sekretaris Tim Kampanye: Verry Surya Hendrawan, Ahmad Rofiq, Raja Juli Antoni, dan Dewi Suharto. 

Bendahara Tim Kampanye: Wahyu Sakti Trenggono, Agus Gumiwang Kartasasmita 

Wakil Bendahara Tim Kampanye: Juliari Batubara, Amir Uskara, Jazilul Fawaid, Syamsudin Andri Arsyad, Riri Lestari Murdiyat, Dudi Purwagandhi. 

Juru Bicara: Ahmad Basarah, Johan Budi, Abdul Kadir Karding, Tb Ace Hasan Syadzily, Irma Suryani Chaniago, Arif Budimanta, Arya Sinulingga dan Lena Haryana Mukti. 

11 Direktorat: 
1. Direktur Perencanaan: Ario Bimo 
2. Direktur Konten: Fikri Satari 
3. Direktur Komunikasi Politik: Usman Kansong 
4. Direktur Media dan Sosmed: Dwi badarmanto
5. Direktur Kampanye: Beni Ramdani 
6. Direktur Pemilih Muda: Adi Kusuma 
7. Direktur Penggalangan dan Jaringan: belum ditentukan 
8. Direktur Logistik dan APKB: Marsma TNI (Purn) Usra Hendra Harahap 
9. Direktur Hukum dan Advokasi: Ade Irfan Pulungan

Media

Sekembalinya ke Indonesia, bersama beberapa rekan semasa kuliahnya ia mendirikan Mahaka Group. Perusahaan ini membeli Republika pada tahun 2001 saat berada di ambang kebangkrutan.

Ia mendapat bimbingan dari ayahnya serta pendiri  Kompas dan pendiri Jawa Pos. Mahaka Group melebarkan potensinya dengan mendirikan perusahaan media luar ruang bernama Mahaka Advertising seiring bertubuhan ekonomi dan masyarakat perkotaan pada tahun 2002.

Setelah meluncurkan stasiun televisi Jak tv untuk memperkuat positioning sebagai bisnis yang fokus pada masyarakat perkotaan di tahun 2005, Mahaka memperkenalkan radio 98.7 Gen FM & 101 Jak FM serta penyertaan pada PT Radionet Cipta Karya (Prambors FM, Delta FM dan FeMale Radio) serta berbagai perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, hiburan dan digital.

Ia juga pendiri dari organisasi amal Darma Bakti Mahaka Foundation dan Dompet Dhuafa Republika. Di tahun 2008, bersama Anindya Bakrie mendirikan tvOnedan situs berita, Viva news. Pada tahun 2014 ia menjabat sebagai Direktur Utama Antv hingga sekarang.

Olahraga

Erick yang gemar olahraga bola basket pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) periode 2006–2010 dan menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006 – sekarang. Tahun 2012 ia dipercaya sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade di London.

Ia menjadi orang Asia pertama yang pernah memiliki Tim bola basket NBA ketika ia membeli saham Philadelphia 76ers. Pada tahun 2012, Erick dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League Soccer, D.C. United.

Ia percaya akan potensi bisnis sepakbola dan dibuktikannya pada September 2013, presiden dan pemilik klub Internazionale (Inter Milano), Massimo Moratti pada saat itu mengkonfirmasi pembicaraan untuk penjualan saham mayoritas 70% kepada Erick.

Pada tanggal 15 Oktober 2013 setelah melalui proses negosiasi yang panjang, melalui International Sport Capital yang dipimpin oleh Erick secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas dengan memiliki saham klub sebesar 70%. Pada tanggal 15 November 2013, Erick dipercaya sebagai presiden klub Inter Milano menggantikan Moratti hingga saat ini.

Penulis

Erick Thohir juga menjadi penulis buku yang berjudul Pers Indonesia di Mata Saya yang diluncurkan tahun 2011 oleh penerbit Republika.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah