Joseph Anugrah, Polisi Gadungan Yang Kerap Beroperasi di Kasablanka Jakarta

Posted 17-07-2018 15:07  » Team Friendonesia
Foto Caption: Polisi gadungan lakukan pungli di Flyover Casablanca, Jakarta Selatan, Minggu (15/07/2018) / CNN

Tersangka orang mengaku-ngaku polisi yang bernama Joseph Anugrah yang diamankan di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kasablanka ditetapkan sebagai tersangka.

"Sudah tersangka (Joseph). Sudah ditahan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono ketika dihubungi Senin (16/7/2018).

Kombes Argo Yuwono juga menjelaskan berdasarkan hasil interogasi, tersangka mengaku nekat berpura-pura menjadi polisi demi mendapatkan uang pungli (pungutan liar) untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Polisi masih mendalami apakah tersangka hanya melakukan perbuatan tersebut di JLNT Kasablanka atau tidak.

"Masih didalami apakah tersangka hanya melancarkan aksinya di JLNT Kasablanka saja atau di lokasi lain juga," kata Kombes Argo Yuwono.

Joseph Anugrah yang mengaku-ngaku polisi itu ditangkap di JLNT Kasablanka pada Minggu (15/7/2018).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, menyampaikan, polisi gadungan tersebut mengaku sebagai petugas dengan membawa kartu tanda anggota (KTA) palsu dan memakai seragam layaknya polisi.

Kombes Yusuf pun mengatakan pelaku melalukan aksinya dengan menggunakan mobil Daihatsu Ayla.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai yang diduga hasil pungli sebesar Rp 420 ribu.

Sebelumnya diketahui Polisi gadungan ditangkap karena diduga melakukan pungutan liar ( pungli) di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan, Minggu (15/7/2018).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Betul ( polisi gadungan) siang tadi sudah diamankan oleh anggota yang sedang bertugas," jawab Yusuf saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Yusuf menjelaskan, polisi gadungan tersebut mengaku sebagai petugas dengan membawa Kartu Tanda Anggota (KTA) palsu dan memakai seragam layaknya polisi. Pelaku diduga melalukan pungli terhadap sejumlah pengguna jalan di JLNT Casablanca.

Yusuf mengatakan, pelaku melalukan aksinya dengan menggunakan mobil Daihatsu Ayla.

"Petugas tadi mendapati dia punya KTA palsu," katanya.

Saat ini pelaku sudah digelandang ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) bersama satu mobil Ayla yang digunakan dan barang bukti uang tunai sebesar Rp 420.000.

"Mobil dan barang bukti uang Rb 420.000 sudah diduga hasil pungli diamankan. Untuk lengkapnya besok mungkin bisa hubungi SPKT,"ucapnya.

Dikutip dari Tribun Medan
MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI