Cari

Luhut: Program Presiden Jalan, Tak Ada Potensi Mangkrak

Posted 04-11-2017 17:03  » Team Friendonesia
Foto Caption: Jokowi di depan tol bandara Kualanamu (Agung Pambudhy)

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Panjaitan, mengatakan tak ada proyek pemerintah saat ini yang bakal mangkrak. Artinya tak ada proyek atau program yang bakal berhenti pengerjaannya karena semuanya dikelola secara benar dan terstruktur sehingga tetap bisa dikerjakan hingga selesai.

"Semua program Presiden di semua daerah itu jalan. Memang masih ada kurang di sana sini, tapi itu karena waktunya. Tapi saya ingin sampaikan, bahwa selama 3 tahun ini, proses dan program pemerintah itu semua jalan. Tidak ada satupun potensi yang saya lihat bisa mangkrak ke depan. Kenapa? Karena semua kami hitung dengan detail angka-angkanya, kami buat hemat sehingga itu bisa jadi acuan yang bagus," kata Luhut saat ditemui di Bandara Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sabtu (28/10/2017).

Misalnya adalah program pembangunan destinasi wisata baru yang menjadi prioritas. Pembangunan daerah-daerah wisata baru itu kata dia butuh waktu yang tidak sedikit dan perlu ada kerja sama yang baik. Terutama infrastruktur dasar yang banyak harus dibangun dari awal.

"Jadi misalnya yang Danau Toba, masih semua sesuai schedule. Paling ada mundur beberapa bulan karena tadi masalah Amdal sedikit-sedikit. Tapi tidak ada yang mangkrak. Mangkrak misalnya akhirnya ada total lost, kita enggak akan ada. Karena betul-betul kita hitung dengan baik," ujar dia.

Contoh lainnya adalah program 35.000 MW yang diperkirakan tak bakal selesai di 2019. Namun dia memastikan, semua program yang ada sudah disusun dengan baik dan jelas, sehingga tak ada cerita proyek itu bisa terhenti.

"Kalaupun ada terlambat, seperti listrik, itu 35.000 MW. Itu mungkin akan COD 23.000 MW dan sisanya itu PPA sudah, underconstruction sudah, mungkin selesai di 2021. Ya enggak apa-apa juga, karena itu dulu 35.000 MW dengan asumsi 7% growth. Sekarang kan 5 koma sekian," pungkas Luhut.

Dikutip dari Detik Finance
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah