Cari
 Opini
 Diposting 16-01-2018 15:57

Pemimpin yang Korup akan menghasilkan pemerintahan yang Bobrok

Foto Caption: Kondisi jalan kabupaten rusak parah di desa Bulan-bulan Kec Limapuluh Kab Batubara

Perjalanan 1 jam Rabu (11/01/2018) dari Tanjung Tiram menuju Kantor Disdukcapil Batubara di desa Bulan Bulan Limapuluh dengan harus berkutat menghadapi jalanan rusak sepanjang jalan, tak berbuah manis.

Tiba jam 3:10, berurusan dengan birokrasi bobrok perpanjangan resi KTP yang tak kunjung selesai selama menahun, akhirnya membangkitkan emosi yang terakumulatif akibat jalan rusak parah.

10 menit di kantor Disdukcapil kabupaten Batubara, langsung cabut dengan perasaan kecewa. Pulang mengunakan alur alternatif untuk menghindari jalan lintas sebelumnya, saya melaju menuju arah Indrapura yang ternyata kondisi jalanan rusak yang sama parahnya.

Dengan bupati yang mendengkam di KPK terkait fee proyek, seolah menjadi gambaran nyata Korupsi menyusahkan masyarakat umum. Infrastruktur yang selalu digerogoti tikus anggaran, menghasilkan proyek asal jadi, yang mengakibatkan banyaknya malfungsi fasilitas umum, sehingga tidak mampu dipergunakan masyarakat secara maksimal.

Hal ini akan berdampak juga terhadap laju ekonomi yang lambat. Efek domino dari semua ini mengacu pada rendahnya taraf kesejahteraan masyarakat dan diikuti oleh pendidikan yang terbelakang.

Entah dengan alasan apa, mayoritas kantor birokrasi Batubara selalu di tempatkan di remote area yang sangat sulit di jangkau oleh akses transportasi.

Alih-alih meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, strategi dan development plan serta master plan Batubara semakin mempersulit warga dalam melaksanakan sistem pemerintahan yang ramping, cepat, mudah, modern dan transparan.

Slogan pesimisme masyarakat "Kalo bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah" semakin menambah citra negatif sesuai pengalaman yang saya rasakan.

Saatnya kita belajar menyikapi efek dan hal negatif yang muncul akibat praktek Korupsi, dan mulai bijak dalam memilih pemimpin yang BERSIH dan berfokus pada kesejahteraan masyarakat UMUM***

Ditulis oleh Ondo Alfry Simanjuntak

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah