Cari
 Nasional
 4 bulan yang lalu

Cerita Kedekatan Ali Mochtar Ngabalin dengan Habib Rizieq

Foto Caption: Ali Mochtar Ngabalin dalam konferensi pers Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia. (Grandyos Zafna/detikcom)

Sosok politikus yang khas dengan serban, Ali Mochtar Ngabalin, kini memperkuat komunikasi politik pemerintahan Presiden Jokowi. Ngabalin, yang mengawali karier politik di Partai Bulan Bintang (PBB), punya cerita kedekatan dengan imam besar FPI Habib Rizieq Syihab.

Ngabalin merupakan anggota Komisi I DPR RI periode 2004-2009. Dia berada di Fraksi Bintang Pelopor Demokrasi.

Sebagai anggota Dewan, Ngabalin memang dikenal vokal dan kritis. Tak jarang dirinya terlibat adu mulut dengan anggota DPR dari Partai Demokrat, yang waktu itu adalah partai penguasa.

Pada 2008, terjadi bentrokan massa FPI dengan Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKK-BB) di Monumen Nasional (Monas). Buntut dari peristiwa pada 1 Juni 2008 itu adalah penahanan Habib Rizieq Syihab di Mapolda Metro Jaya.

Habib Rizieq

Habib Rizieq Syihab. (Baban Gandapurnama/detikcom)

Pada 6 Juni 2008, Ngabalin membesuk Habib Rizieq, yang ditahan di Mapolda Metro Jaya. Menurut Ngabalin, penahanan Rizieq adalah pengalihan isu.

"Saya juga mau tanya, kok bisa Habib ditahan? Kenapa setelah 3 hari baru ditangkap? Penangkapan tidak beralasan. Menurut saya, ada desain ini pengalihan isu. Pemerintah jangan menggunakan politik busuk, orang sudah tahu," kata Ngabalin kala itu.

Dia lantas meminta agar Rizieq dibebaskan. Ngabalin juga menolak wacana pembubaran FPI.

"Kalau pemerintah cepat dan cerdas mengenai pembubaran Ahmadiyah, (insiden penyerbuan FPI) ini tidak akan terjadi. Saya tidak setuju FPI dibubarkan karena akan timbul FPI baru yang lebih radikal," ujar Ngabalin.

Kasus yang dikaitkan dengan Habib Rizieq itu kemudian disidangkan pada 22 September 2008 di PN Jakarta Pusat. Rizieq, yang waktu itu menolak hadir, kemudian dijemput paksa oleh jaksa ke Polda Metro Jaya.

Pada sidang itu, jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan saksi ahli pakar telematika, Roy Suryo, yang kini lebih dikenal sebagai Waketum Partai Demokrat. Ngabalin pun hadir untuk memberikan dukungan kepada Habib Rizieq dalam sidang itu.

Dikutip dari Detik.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah